Loading...

Kemitraan

NSHE terus menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak di sekitar lingkungan proyek untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, ramah lingkungan, dan bermanfaat bagi semua. Melalui kolaborasi bersama berbagai pemangku kepentingan, PLTA Batang Toru dapat berperan dalam melestarikan lingkungan sekaligus membangun kesejahteraan masyarakat. Hal ini selaras dengan sloganKabupaten Tapanuli Selatan "Mewujudkan Masyarakat yang Sehat, Cerdas, dan Sejahtera."

Kesehatan

PT. NSHE sadar akan pentingnya kesehatan bagi masyarakat. Maka dari itu perusahaan turut berpartisipasi, dalam membantu melalui kegiatan yang terkait dengan kesehatan masyarakat sekitar. Kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan termasuk: Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), peningkatan dan pemberian asupan gizikepada batita/balita, ibu hamil, dan lanjut usia (lansia), Program Bantuan Pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK) Umum, deklarasi desa-desa Keluarga Berencana (KB), dan kegiatan pencegahan dan mitigasi korban banjir.

Dalam rangkaian kegiatan kesehatan, NSHE bekerja sama dengan sejumlah mitra institusi pemerintahan, LSM, serta komunitas lokal:

Mitra:

  • Warga Kecamatan Sipirok dan Kecamatan Marancar
  • Kepala Desa di Kecamatan Sipirok dan Marancar
  • Dinas Kesehatan Masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan
  • Bidan setempat
  • Muspika Kecamatan Sipirok dan Marancar


Pembangunan Ekonomi

Penciptaan Pekerjaan

Perusahaan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan untuk rekrutmen pekerja untuk pengembangan proyek. Proyek ini akan merekrut tenaga kerja lokal dari desa-desa lokal Sipirok, Marancar, Batang Toru, Angkola Barat. Perusahaan bertujuan untuk menyediakan lapangan pekerjaan untuk 1,800 orang.

Semua karyawan NSHE diberikan pelatihan dan lokakarya yang ditinjau setiap tahun dan diperbarui secara berkala. Perusahaan juga melakukan pengawasan ketat untuk memastikan bahwa semua hukum dan peraturan yang berlaku dipatuhi oleh semua pihak terkait.

Perusahaan juga turut berkomitmen untuk berpartisipasi dalam peningkatan dan pengembangan ekonomi disekitar Kawasan PLTA Batang Toru. Pertanian, manufaktur, dan perdagangan telah menjadi sektor dominan yang berkontribusi terhadap produk domestik regional bruto (GDRP) Kabupaten Tapanuli Selatan. Saat ini, perusahaan berfokus pada pengembangan dua pendapatan lokal utama, potensi Budidaya Ikan Jurung dan Kopi Sipirok.

Budidaya Ikan Jurung

Sebagai salah satu tangkapan utama di sungai Batang Toru, ikan Jurung memiliki harga jual tertinggi yang dapat mencapai Rp 100.000 per/kg. Untuk merealisasikan potensi sumber dayanya, perusahaan bekerja sama dengan Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (BRPBATPP) Bogor untuk mengembangkan sistem dan program lokakarya bagi para nelayan lokal agar dapat meningkatkan pemahaman teknik budidaya dan tingkat ekonomi petani ikan lokal.

Program lokakarya dan pelatihan diharapkan dapat melipat-gandakan kapasitas produksi benih ikan Jurung di Tapanuli Selatan melalui peningkatan teknologi benih. Selain itu, fasilitas pembenihan ikan sedang dipersiapkan dengan sistem dalam ruangan.

Mitra:

  • Pusat Penelitian Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (BRPBATPP)
  • Pembudidaya ikan lokal di Kabupaten Batang Toru

Pengembangan Potensi Kopi Sipirok

Dalam upaya untuk mengembangkan potensi perkebunan Kopi Sipirok, perusahaan turut membantu petani kopi dalam memperoleh paten untuk indikasi geografis kopi Sipirok arabica untuk meningkatkan daya saing dan nilai jual kopi khas Kabupaten Tapanuli Selatan. Dalam inisiatif ini, perusahaan juga bekerja sama dengan beberapa mitra terkait.

Mitra:

  • Ovata (LSM lokal)
  • Departemen Pertanian Kabupaten. Tapanuli Selatan
  • Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

Edukasi

PLTA Batang Toru memiliki perhatian khusus kepada masyarakat sekitar proyek untuk ikut mencerdasarkan generasi bangsa. Perusahaan memberikan bantuan biaya pendidikan kepada siswa yang berkeinginan untuk mendaptkan pendidikan dasar di tingkat Sekolah Dasar karena latar belakang ekonomi keluarganya yang tidak dapat memenuhi kebutuhan sekolah anaknya.

Kegiatan lainnya

Tanaman Multifungsi Koridor Satwa Liar

Perusahaan bersama-sama dengan komunitas dan masyarakat sekitar mendorong program untuk menanam tanaman multifungsi di koridor satwa liar di Bulu Mario untuk memperkaya sumber makanan satwa liar dan meningkatkan kesadaran konservasi satwa liar. Kegiatan ini turut didampingi oleh mitra-mitra terkait.

Mitra:

  • Tokoh masyarakat dan kepala desa di kecamatan Sipirok dan Marancar
  • Muspika dari Kecamatan Sipirok dan Marancar
  • Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan
  • Naposo Nauli Bulung Bulu Mario, Kabupaten Sipirok,
  • Badan Penelitian dan Pengembangan Aek Nauli
  • Pusat Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA)
  • Universitas Sumatera Utara
  • Ovata (LSM lokal)

Kegiatan Keagamaan

PLTA Batang Toru juga mengambil peran dalam mensukseskan Lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pemkab. Tapanuli Selatan pada 31 Juli 2018 lalu.

Perusahaan memberikan paket umroh kepada pemenang lomba. MTQN ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana yang dapat mengajarkan untuk mengimplementasi nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Aktualisasi nilai-nilai agama secara rutin dapat menjadi filter tindak-tanduk dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam pembangunan bangsa.