Loading...

Kilas Perusahaan

PT North Sumatera Hydro Energy (PT NSHE) adalah perusahaan yang mengkhususkan usahanya di bidang tenaga air, energy terbarukan yang ramah lingkungan. Kami mengelola usaha secara professional dengan berpedoman pada azas tata kelola perusahaan yang baik.

PT NSHE telah menandatangani Perjanjian Pembelian Tenaga Listrik dengan PT. PLN (Persero) tanggal 21 Desember 2015 untuk membeli listrik PLTA Batang Toru yang dapat memproduksi daya listrik sebesar 510 MW. PLTA Batang Toru bagian Program Prioritas Nasional Ketenagalistrikan 35.000 MW. Keuntungan lainnya adalah:

  • Mereduksi emisi gas rumah kaca yang setara dengan 1.607.447 t CO2-e per tahun sebagai hasil dari menggantikan daya turunan dari bahan bakar fosil 
  • Menghemat anggaran belanja negara setara dengan USD 383 juta per tahun 
  • Mensuplai energi sebesar 2.124 GWh/tahun yang berkontribusi terhadap 15% kebutuhan beban puncak Sumatera. 

Tenaga Kerja

Dalam pembangunannya, proyek PLTA Batangtoru memperkerjakan tenaga kerja terampil, semi-terampil, dan tidak terampil, baik lokal, regional, nasional, maupun internasional. Secara keseluruhan, jumlahnya mencapai 1.800 tenaga kerja pada puncak aktivitas pembangunan.

Perekrutan tenaga kerja ini difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, yang menetapkan perbandingan jumlah tenaga kerja asing terhadap jumlah tenaga kerja lokal/regional/nasional adalah 1:3. PT NSHE melakukan pengawasan yang ketat untuk memastikan seluruh peraturan perundangan yang berlaku dipatuhi oleh semua pihak terkait.

Struktur Manajemen


Lokasi Proyek dan Status Tanah

Lokasi Proyek dan Status Tanah


Pembangkit Listrik Tenaga Air Batang Toru terletak di Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Area konstruksi Pembangkit Listrik Tenaga Air Batang Toru terletak di Distrik Marancar, Sipirok, dan Batangtoru.

Proyek ini dibangun di atas area penggunaan lain (APL). Sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P. 50 / Menhut-II / 2009 tentang Penegasan Status dan Fungsi Kawasan Hutan, APL adalah area non-hutan sehingga dapat digunakan untuk tujuan publik.

Area APL ini masih menjadi bagian dari ekosistem Batangtoru seluas 163.000 ha. Di dalam area ini terdapat hutan lindung, hutan konservasi, dan hutan produksi. Lahan yang digunakan untuk struktur permanen ini hanya 122 ha atau hanya 0,037% dari total luas ekosistem Batang Toru


Posisi Batang HEPP Batang Toru di Wilayah Batang Toru

Proyek PLTA Batang Toru menempati sebagian kecil wilayah Batang Toru - penggunaan lahan di daerah Batang Toru beragam, baik sektor swasta maupun masyarakat. PLTA Batangtoru menempati posisi terendah, yaitu hanya 0,037% dari total luas wilayah Batangtoru. Hutan Lindung menempati posisi teratas dalam penggunaan lahan di dalam wilayah Batang Toru.

Persentase penggunaan lahan di daerah Batang Toru. Pembangkit Listrik Tenaga Air Batang Toru dapat disebut sebagai PLTA Irit Lahan karena hanya 122 ha atau hanya 0,037% dari total area Batangtoru.

APAKAH ANDA MASIH MEMILIKI PERTANYAAN TENTANG LAYANAN KAMI?

Segera hubungi kami apabila ada pertanyaan yang ingin ditanyakan