Loading...

North Sumatera Hydro Energy

PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) adalah perusahaan Pembangkit Listrik Independen (IPP) yang mengkhususkan diri di bidang tenaga air, energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Setelah menyelesaikan studi kelayakan dan penilaian dampak lingkungan dan sosial, PLTA Batang Toru dengan system run-of-rivermemulai fase pra-konstruksi pada pertengahan tahun 2016 dan telah menandatangani Perjanjian Pembelian Tenaga Listrik dengan PT. PLN (Persero) (PLN) pada tanggal 21 Desember 2015 untuk listrik PLTA Batang Toru yang dapat memproduksi daya listrik sebesar 510 MW.

PLTA Batang Toru adalah bagian dari Proyek Strategis Nasional Pemerintah Indonesia dalam bidang ketenagalistrikan dan energi terbarukan. Proyek ini diharapkan dapat:

  • Berkontribusi dalam program listrik 35.000 MW, yang diharapkan pemerintah Indonesia dapat tercapai pada tahun 2028
  • Mereduksi emisi gas rumah kaca sebagai bagian dari komitmen Indonesia dalam Perjanjian Paris. PLTA Batang Toru diperkirakan akan membantu menurunkan emisi CO2 sebesar 1,6 juta – 2,2 juta Mton per-tahun.
  • Menghemat anggaran belanja negara setara dengan USD 400 juta per tahun yang diperlukan untuk pembelian bahan bakar untuk pembangkit tenaga listrik tenaga diesel.
  • Menyediakan energi sebesar 2.124 GWh/tahun dan berkontribusi terhadap 15% kebutuhan beban puncak Sumatera.