Loading...

Kebijakan Perusahaan


PT NSHE melakukan pengelolaan sosial secara transparan dan melibatkan pemangku kepentingan melalui Stakeholder Engagement Plan (SEP) yang didesain untuk menyediakan platform konsultasi dan transparansi dengan stakeholder selama proses pembangunan. Kegiatan kelola sosial ini menjadi bagian dari penerapan standar kinerja IFC *)

Penyusunan SEP ini didasarkan pada hasil studi yang berupa Environmental Due Diligence (ESDD) dan Social and Environmental Impact Assement. Bedasarkan hasil studi tersebut diketahui bahwa mayoritas stakeholder mendukung rencana proyek PLTA Batangtoru sebagaimana diagram berikut ini. Persepsi yang positif menjadi modal bagi pembangunan PLTA, sedangkan persepsi negatif menjadi petunjuk bagi penyelenggaraan SEP.

Untuk menyediakan platform konsultasi dan transparansi dengan stakeholder selama proses pembangunan PLTA Batangtoru, perusahaan menentukan kebijakan sosial, antara lain:


Management for Implementation of Stakeholder Engagement and External Relation

Perusahaan menerapkan kebijakan untuk mendata informasi, mengupdate informasi, dan mengimplementasikan LRP. Kebijakan ini dimaksudkan untuk merestorasi mata pencaharian eks pemilik lahan yang terdampak oleh aktivitas pembangunan PLTA Batangtoru.

Berdasarkan hasil survei diperoleh tipologi eks pemilik lahan sehingga dapat dibuat matriks program tanggungjawab sosial perusahaan sesuai dengan mata pencaharian, keahlian, dan potensi sumberdaya alamnya.


Project Based Grievance Mechanism

PT NSHE menyusun mekanisme penyampaian keluhan yang merupakan proses pengelolaan umpan balik dari para pemangku kepentingan (stakeholders) , baik berupa keluhan atau komplain secara efektif dan proaktif. Para pemangku kepentingan dapat melakukan komunikasi dua arah (dialog) dengan perusahaan dan dapat dengan mudah menyampaikan keluhan.

PLTA Batangtoru telah menyusun buku pedoman penyampaian keluhan (grievance mechanism) dan brosur singkat yang menjelaskan cara penyampaian keluhan serta menyediakan pos pengaduan di Kecamatan Marancar dan Sipirok. Masyarakat dapat menghubungi call center pengaduan 0812-6364-3534 (wilayah Kecamatan Sipirok) dan 0812-6364-3433 (wilayah Kecamatan Marancar) melalui pesan singkat.


Implementation Livelihood Restoration Programme (LRP)

PT NSHE memiliki kebijakan untuk memulihkan/merestorasi mata pencaharian eks pemilik lahan yang terdampak oleh aktivitas pembangunan PLTA Batangtoru dengan menerapkan Livelihood Restoration Program. Perusahaan mendata dan mengupdate serta mengimplementasikan

Komitmen Kami

PT NSHE berkomitmen melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan dengan tujuan utama untuk memastikan bahwa kepentingan sosial dari berbagai kelompok pemangku kepentingan dapat dipenuhi secara tepat dan proporsional, terutama masyarakat yang berada di sekitar lingkungan kerja PLTA Batang Toru.

Kemitraan


Pembangkit Listrik Tenaga Air Batangtoru telah menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak di sekitar lingkungan proyek untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dengan kolaborasi berbagai pemangku kepentingan, PLTA Batangtoru dapat berperan dalam melestarikan lingkungan sambil membangun kesejahteraan masyarakat sekitar.


Pelatihan dalam budidaya ikan jurung dalam upaya melestarikan keanekaragaman hayati dan meningkatkan pemahaman teknik budidaya dan tingkat ekonomi petani ikan lokal

Mitra:

  • Pusat Penelitian Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (BRPBATPP)
  • Pembudidaya ikan lokal di Kabupaten Batangtoru


Kegiatan penyediaan gizi seimbang dan Posyandu di Kec. Marancar dan Sipirok

Mitra:

  • Warga di Kecamatan Sipirok dan Marancar
  • Kepala Desa di Kecamatan Sipirok dan Marancar
  • Dinas Kesehatan Masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan
  • Bidan
  • Muspika Kecamatan Sipirok dan Marancar


Memperoleh paten untuk indikasi geografis kopi Sipirok arabica untuk meningkatkan daya saing dan nilai jual kopi khas Kabupaten Tapanuli Selatan

Mitra:

  • LSM lokal. Ovata
  • Departemen Pertanian Kabupaten. Tapanuli Selatan
  • Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)


Menanam tanaman multifungsi di koridor satwa liar di Bulu Mario untuk memperkaya sumber makanan satwa liar dan meningkatkan kesadaran konservasi satwa liar, bersama dengan komunitas

Mitra:

  • Tokoh masyarakat dan kepala desa di kecamatan Sipirok dan Marancar
  • Muspika dari Kecamatan Sipirok dan Marancar
  • Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan
  • Naposo Nauli Bulung Dusun Bulu Mario, Kabupaten Sipirok, LAH Nauli, Badan Penelitian dan Pengembangan
  • Pusat Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA)
  • Universitas Sumatera Utara
  • LSM Lokal Ovata

Tanggung Jawab Sosial


Perusahaan tidak hanya mengedepankan keberlanjutan aspek ekonomi (keuntungan), tetapi juga memperhatikan dan ikut bertanggungjawab terhadap dimensi sosial dan lingkungan sekitar. Hal ini selaras dengan visi dan misi Kabupaten Tapanuli Selatan "Mewujudkan Masyarakat yang Sehat, Cerdas, dan Sejahtera."

Untuk itu tanggungjawab sosial perusahaan bertujuan, untuk: meningkatkan perekonomian masyarakat; mengedukasi melalui pendidikan/pelatihan; meningkatkan kesehatan masyarakat. :


Program Peningkatan Perekonomian Masyarakat

  • Penyerapan Tenaga Kerja Lokal 

PLTA Batangtoru bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan C.q Dinas Ketengakerjaan dalam hal perekrutan tenaga kerja lokal sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan, khususnya Kecamatan Sipirok, Marancar, dan Batangtoru. Jika dipersentasekan, jumlah tenaga kerja lokal PLTA Batangtoru sebanyak 80% dan sisanya 20% tenaga kerja yang berasal dari luar Provinsi Sumatera Utara.

  • Perolehan Hak Paten Indikasi Geografis Kopi Arabika Sipiro Untuk Meningkatkan Daya Saing dan Nilai Jual Kopi Khas Kabupaten Tapanuli Selatan

Cita rasa kopi arabika Sipirok ini tak pernah terlupakan oleh para penikmatnya. Kopi arabika Sipirok ini menjadi priamadona di tingkat lokal, nasional, bahkan internasional. Produk yang berasal dari Kabupaten Tapanuli Selatan ini memiliki daya saing tersendiri dan permintaan akan kopi sipirok ini tinggi sehingga peluang bisnis produk pertanian ini terbuka lebar.

  • Pelatihan Budidaya Ikan Jurung Dalam Upaya Pelestarian Biodiversitas Serta Meningkatkan Pemahaman Teknik Budidaya Dan Taraf Ekonomi Petani Lokal

Kami membantu masyarakat dalam mengembangkan sektor perikanan yang menjadi mata pencaharian masyarakat di Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan ini. PLTA Batang Toru memberikan Pelatihan budidaya ikan Jurung, yang menjadi primadona dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.


Program Edukasi Melalui Pendidikan/Pelatihan

  • Pemberian Bantuan Biaya Pendidikan

PLTA Batangtoru memiliki perhatian khusus kepada masyarakat lingkar proyek untuk ikut mencerdasarkan generasi bangsa. Perusahaan memberikan bantuan biaya pendidikan kepada siswa yang tidak berkeinginan untuk mendaptkan pendidikan dasar di tingkat Sekolah Dasar karena latarbelakang ekonomi keluarganya yang tidak dapat memenuhi kebutuhan sekolah anaknya.

  • Pemberian Bantuan Biaya Paket Umroh dalam Acara MTQN Ke-50

PLTA Batangtoru juga mengambil peran dalam mensukseskan Lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Pemkab. Tapanuli Selatan pada 31 Juli 2018 lalu.

Perusahaan memberikan paket umroh kepada pemenang. MTQN ini dapat menjadi salah satu sarana yang dapat mengajarkan untuk mengimplementasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Aktualisasi nilai-nilai agama secara rutin dapat menjadi filter tindak-tanduk dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam pembangunan bangsa.


Program Peningkatan Kesehatan

  • Program Pemberian Asupan Gizi Seimbang

Salah satu program peningkatan kesehatan yang telah dilakukan oleh perusahaan adalah pemberian tambahan asupan gizi seimbang kepada batita/balita, ibu hamil, dan lanjut usia (lansia). Program ini terintegrasi dalam kegiatan Posyandu dengan melibatkan Dinas Kesehatan Kab. Tapanuli Selatan C.q Bidan Desa.

  • Program Bantuan Pembangunan MCK Umum

Ketersediaan sarana MCK (Mandi, Cuci, dan Kakus) menjadi sangat penting agar kesehatan masyarakat dan kelestarian lingkungan tetap terjaga. MCK merupakan salah satu sarana faislitas umum yang digunakan bersama oleh beberapa keluarga unutk keperluan mandi, mencuci, dan membuang air dilokasi pemukiman warga yang cukup padat dengan tingkat perekonomian yang masih rendah.

APAKAH ANDA MASIH MEMILIKI PERTANYAAN TENTANG LAYANAN KAMI?

Segera hubungi kami apabila ada pertanyaan yang ingin ditanyakan