Loading...

Tanggung Jawab Sosial

NSHE berkomitmen melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan dengan tujuan utama untuk memastikan bahwa kepentingan sosial dari berbagai kelompok pemangku kepentingan dapat dipenuhi secara tepat dan proporsional, terutama untuk masyarakat yang berada di sekitar lingkungan kerja PLTA Batang Toru.

NSHE melakukan pengelolaan sosial secara transparan dan melibatkan pemangku kepentingan melalui Stakeholder Engagement Plan (SEP) yang didesain untuk menyediakan platform konsultasi dan transparansi dengan stakeholder selama proses pembangunan. Kegiatan pengelolaan sosial ini menjadi bagian dari IFC Performance Standards.

Penyusunan SEP ini didasarkan pada hasil studi Environmental & Social Due Diligence (ESDD) dan Social and Environmental Impact Assesment. Persepsi yang positif menjadi modal bagi pembangunan PLTA, sedangkan persepsi negatif menjadi petunjuk bagi penyelenggaraan SEP.

Untuk menyediakan platform konsultasi dan transparansi dengan stakeholder selama proses pembangunan PLTA Batang Toru, perusahaan menentukan kebijakan sosial, antara lain:

Mekanisme Penyampaian Keluhan

NSHE menyusun mekanisme penyampaian keluhan yang merupakan proses pengelolaan umpan balik dari para pemangku kepentingan, baik yang berupa keluhan atau komplain secara efektif dan proaktif. Para pemangku kepentingan dapat melakukan komunikasi dua arah (dialog) dengan perusahaan dan dapat dengan mudah menyampaikan keluhan.

PLTA Batang Toru telah menyusun buku pedoman penyampaian keluhan (grievance mechanism) dan brosur singkat yang menjelaskan cara penyampaian keluhan serta menyediakan pos pengaduan di Kecamatan Marancar dan Sipirok.