Loading...

Pengelolaan Berkelanjutan Kolaboratif di APL untuk Lindungi Orangutan Tapanuli di Ekosistem Batang Toru

By Emmy Hafild

Ekosistem Batang Toru telah menjadi sorotan nasional dan internasional dalam beberapa tahun terakhir, karena karakternya yang unik dan keanekaragaman hayati yang berharga, terutama orangutan Tapanuli yang baru ditemukan.


Baru-baru ini, beberapa aktivis lingkungan telah menyerukan lebih banyak penelitian tentang ekosistem, untuk studi lingkungan strategis dan audit lingkungan pada daya dukung ekosistem. Mereka juga menuntut penghentian proyek PLTA di sana.


Melakukan lebih banyak studi seperti membuka kotak Pandora. Ini akan mengungkap dan memberikan peluang bagi kepentingan selain kebutuhan untuk melindungi orangutan. Pada kenyataannya, ini bukan proses ilmiah, melainkan proses politik yang melampaui kendali LSM dan ilmuwan, terutama ilmuwan dari luar negeri.


Hasilnya tidak dapat diprediksi dan tingkat ketidakpastiannya tinggi, karena para bupati dan anggota dewan daerah cenderung menolak setiap perubahan pada status tanah yang ada yang mereka perjuangkan dengan sangat keras di masa lalu. Lebih mungkin untuk bekerja dalam sertifikat tanah yang ada dan menyerukan pengelolaan yang berkelanjutan di daerah-daerah ini, dengan orangutan Tapanuli sebagai spesies payung. Ini lebih efektif dan dapat memberikan solusi langsung untuk melindungi primata.


Media   : The Jakarta Post

Penulis : Emmy Hafild

Tanggal: 16 July 2020


https://www.thejakartapost.com/academia/2020/07/15/collaborative-sustainable-management-of-other-use-areas-to-protect-tapanuli-orangutan-in-batang-toru-ecosystem.html