Loading...

PLTA Batang Toru Lestarikan Keanekaragaman Hayati Batang Toru

Bumi merupakan tempat tinggal bagi seluruh umat manusia dan mahluk hidup lain. Sebagai tempat bernaung, maka bumi haruslah menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk setiap kehidupan.

Menjadi keharusan bagi kita untuk terus menjaga dan meningkatkan kelestarian Bumi dengan berbagai daya upaya termasuk menggunakan teknologi, sehingga generasi mendatang masih dapat terus merasakan bumi apa yang kita rasakan saat ini.

Menyambut The International Day for Biological Diversity (IDB), atau hari keanekaragaman hayati yang bertema Our Solutions are in Nature tanggal 22 Mei, rasanya sangat relevan untuk mengingatkan betapa pentingnya semangat menjaga keragaman hayati yang kian tergerus.

Mengutip pernyataan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Inung Wiratno dalam rangka memperingati Keragaman Hayati Dunia bahwa hari keragaman hayati selalu mengingatkan akan spirit kepedulian terhadap kelanggengan bumi. “Kami mengajak seluruh pihak untuk membangkitkan kesadaran Bersama akan pentingnya kenakaragaman hayati bagi kelangsungan Bumi,

Tak berlebihan bila harapan Dirjen KSDAE itu terus dikemukakan mengingat hingga saat ini masih banyak berlangsung pembangunan yang merusak dan menggerus sumberdaya alam, seperti pertambangan, yang menghancurkan ribuan Ha ekosistem serta memunahkan kehidupan di dalamnya. Dengan demikian spirit kepedulian terhadap kelanggengan bumi sangat penting untuk diimplementasikan

Kami, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) run-of-river Batang Toru sangat menyadari hal itu. Pembangunan pembangkit listrik tenaga air irit lahan dan ramah lingkungan ini diarahkan untuk selalu memperhatikan keanekaragaman hayati serta menjaga ekosistem yang ada, bukan merusaknya.

Prinsip itu selalu kami pegang teguh karena PLTA Batang Toru bukanlah bisnis semata, namun juga merupakan bagian dari upaya menyelamatkan ekosistem dan keragaman hayati yang ada. Keberlangsungan kami sangat tergantung pada tersedianya sumber-sumber air yang ada di hutan dan di gunung-gunung. Tanpa itu, kami tidak mungkin dapat berjalan.

Inilah tanggungjawab kami yang nyata dan sesungguhnya, untuk terus mempertahankan hijaunya Kawasan tangkapan air dan daerah sekitar aliran sungai. Dan yang tidak kalah penting adalah menjaga keanakeragaman hayati ekosistem Batangtoru yang telah dikenal memiliki beragam flora dan fauna termasuk spesies Orangutan Tapanuli yang baru ditemukan tahun 2017.

Kami berharap upaya yang telah kami lakukan dapat memastikan bahwa generasi selanjutnya masih dapat menikmati hijaunya hutan, derasnya aliran sungai yang memberi kehidupan dan manfaat bagi seluruh mahluk hidup di ekosistem Batang Toru.