Loading...

Warga Batang Paya Apresiasi PLTA Batang Toru

P Sidempuan-Waspada. Masyarakat Desa Batang Paya, Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, terutama yang berdomisisili di dusun Paske, berterima kasih kepada PLTA Batangtoru karena telah memperbaiki saluran irigasi persawahan yang rusak di daerah itu.

"Semenjak hadir di wilayah ini, PLTA Batangtoru telah banyak membantu masyarakat. Jadi, sebuah hal yang wajib rasanya bagi kami untuk mendukung keberadaannya di daerah ii," kata Kepala Desa Batang Paya Hendra Nainggolan, Senin (18/11).

Diceritakannya, irigasi sawah di Dusun Paske rusak berat disebabkan longsor. Akibatnya, sawah masyarakat mengalami kekuarangan air dan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman padi. Bahkan hasil panen petani menjadi sangat berkurang.

Mengetahui persoalan yang meresahkan warga itu, PT. North Sumatera Hydro Energy (NSHE) melalui PLTA Batangtoru datang dan menyahuti harapan petani. Saluran irigasi ditanggulangi dengan membuatkan pipa besar sebagai penyambung saluran yang putus.

"PLTA Batangtoru memasang pipa ukuran sedang di lokasi longsor. Sekarang, air yang bersumber dari Sungai Aek Batang Paya itu sudah mengaliri sawah. Masyarakat tidak resah lagi dan semoga hasil panen nanti menggembirakan," sebut Hendra.

Muhammad Saleh Ritonga dari bidang sosial PLTA Batangtoru membenarkan pihaknya telah menyambungkan kembali saluran irigasi yang putus di Dusun Paske. Perusahaan, katanya, sangat peduli terhadap masyarakat sekitar wilayah PLTA.

"Setelah lancarnya jaringan irigasi di Dusun Paske, kiranya usaha pertanian masyarakat semakin membaik dan meningkat," kata Saleh sembari menjelaskan bahwa pipa yang dipasang itu berada di dua titik dengan panjang masing-masing 7 meter dan 12 meter.

Selain memasang jaringan pipa di daerah rawan, PLTA Batangtoru bersama masyarakat juga melakukan pembersihan irigasi sepanjang ratusan meter, dengan tujuan agar air bisa mengalir lancar. (a27)



Media       : Waspada

Date         : 18 November 2019

Journalist: a27